Waduh waduh, kok judulnya aneh ya? (“,)

Bener itu mbah dukun?haha . . tentu saja tidak, Search Engine ini adalah satu-satunya yang dapat membebaskan kita dari kebingungan dan kekacauan menjelajah Internet, sama seperti mbah dukun, yg menurut sebagian org yg percaya dapat memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan hidup, tapi bedanya search engine ini tidak mengandung unsur musyrik . .ūüėÄ

Nah, dengan adanya search engine ini, tentu saja dapat membantu kita untuk mencari dan menemukan informasi yang kita inginkan di internet, baik itu berupa teks, gambar, video, musik dan lain-lainnya . .

Saat ini, telah tersedia bermacam-macam search engine yang dapat kita gunakan sesuai dengan keinginan kita, diantaranya yaitu Yahoo!, Alltheweb, MSN, AskJeeves, Google, AltaVista, dan Lycos.

Lalu apa saja ya keunggulan masing-masing mesin pencari tersebut?Mariii kita lihat satu persatu . .

Yahoo!
(www.yahoo.com)
Yahoo adalah salah satu portal terbesar di Internet, selain MSN., dan juga salah satu mesin pencari tertua.
Halaman utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian, karena lebih banyak menampilkan berita-berita tertentu, tetapi Yahoo! menyediakan search.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Kelebihan Yahoo! adalah direktorinya. Yahoo! juga menyediakan pencarian yellow pages dan peta, yang masih terbatas pada Amerika Serikat. Yahoo juga menyediakan pencarian gambar maupun video.
Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTP adalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan untuk teks. Sejauh ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file.
Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah. Namun ternyata, saat ini search engine msn telah diperbaharui dan diganti dengan Bing. Meskipun saat ini anda mengetikkan alamat http://search.msn.com, anda akan dibawa ke alamat http://www.bing.com yang sudah menyediakan pencarian images maupun news.
Situs mesin pencari yang satu ini mengunggulkan kemampuannya  untuk memahami bahasa manusia. Pengguna bisa menggunakan  kalimat lengkap, bukan kata kunci. Situs ini berguna untuk  mengetahui jawaban dari pertanyaan(misal: when did world war II end?).
Google:
(www.google.com)

Selain pencarian web, Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian berita serta pencarian pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti Yahoo! Kelemahannya terletak pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio. Keunggulan Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank, database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya.
AltaVista
(www.altavista.com)
Satu saat, AltaVista pernah menjadi mesin pencari terbesar. Dulu Altavista juga menawarkan pencarian audio dan video. Namun, tak tahu kenapa sebabnya, kini fitur tersebut sudah tidak ada, yang ada hanya pencarian web , news, serta gambar saja.
Salah satu mesin pencari tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Kelebihan Lycos adalah pada bahasanya yang variatif juga pada pencarian webnya disertia dengan screenshot sehingga kita dapat melihat tampilan halaman depan dari web yang kita cari. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com.
Nah, dari beberapa search engine tersebut, ternyata Mbah Google yg paling banyak digunakan, ini berdasarkan hasil survey pada tahun 2007 silam.  Berikut gambar grafiknya :