Salah satu tools yang terdapat dalam Software Blender yaitu tools UV Mapping. Tools ini berfungsi untuk menempatkan gambar pada suatu objek 3Dimensi berdasarkan lokasi vertex suatu objek terhadap gambar. Gambar tersebut berupa gambar 2Dimensi yang kemudian digunakan untuk menutupi area model 3Dimensi. Disini kita akan membuat objek 3Dimensi berupa Globe (Bola Dunia) yang dibuat menggunakan tools UV Mapping tersebut.

Langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut:

Buka software Blender, kemudian tekan hotkey Numpad 7 pada keyboard untuk melihat tampilan secara Top View.

 

 

 

 

 

 

Selanjutnya delete objek cube (kubus) yang sebelumnya sudah ada secara default, karena disini kita tidak menggunakan objek berupa kubus, melainkan berupa objek seperti bola (UVSphere) untuk membuat sebuah globe. Tekan hotkey Delete pada keyboard, lalu pilih Erase selected object(s) untuk menghapus objek tersebut.

 

 

 

 

 

 

Tekan hotkey Spacebar untuk memunculkan Quick Menu, lalu pilih ADD –> Mesh –> UVSphere untuk menambahkan objek berupa lingkaran bangun ruang (Bola) yang nantinya kita gunakan untuk membuat globe. Biarkan angka-angka ukuran Segments dan Rings secara default yaitu 32, hanya Radiusnya saja yang kita ganti menjadi 2.00.

Letakkan objek tersebut di tempat asal kubus yang tadi telah dihapus. Selanjutnya tekan hotkey Numpad 1 untuk mengubah tampilan menjadi Front View. Sehingga kita dapat melihat panah koordinat biru dan merah seperti pada gambar dibawah.

 

 

 

 

 

 

 

 

Membagi Layar menjadi 2 bagian

 

 

 

 

 

Dalam Blender, kita bisa membagi layar menjadi beberapa bagian untuk dapat melihat berbagai macam tampilan, sehingga memudahkan kita untuk membuat sebuah objek tanpa harus mengubah-ubah tampilan satu objek saja. Untuk membagi layar tersebut, pindahkan kursos mouse kearah atas tampilan diantara Menu Bar dan area kerja (Stage), lalu klik kanan pada mouse, maka akan muncul pilihan menu untuk membagi area (Split), pilih Split Area untuk membagi area menjadi dua bagian.

 

 

 

 

 

Kita dapat menggeser kursor ke kanan atau ke kiri untuk memberikan ukuran pada masing-masing tampilan. Disini, kita geser mouse ke kiri sehingga layar yang sebelah kiri berukuran sepertiga dari layar keseluruhan. Selanjutnya, kita ubah Window Type pada tampilan yang sebelah kiri.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Klik tombol Window Type yang terdapat pada bagian kiri, lalu pilih UV Image Editor dari menu pop-up.

 

Membuka Gambar

Selanjutnya, kita masukkan gambar 2Dimensi berupa gambar peta untuk kita tempatkan pada objek 3Dimensi ini. Caranya, pilih Image –> Open dan Browse gambar yang akan kita masukkan tersebut. Gambar ini berupa gambar peta dunia yang dapat kita download disini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kita bisa perbesar tampilan gambar yang telah kita masukkan tadi pada layar sebelah kiri untuk melihat peta dunianya. Gunakan Scroll up pada mouse untuk memperbesar tampilan. Gambar peta tersebut merupakan sebuah Mercator Projection, yaitu sebuah representasi datar dari dunia. Tentu saja terdapat distorsi pada bagian atas dan bagian bawah dari peta tersebut.

 

 

 

 

 

Pada tombol Viewport Shading, pilih Textured. Maka warna bola tersebut akan berubah menjadi gelap sementara waktu.

Langkah selanjutnya, ubah mode menjadi Edit Mode dengan hanya bola yang dipilih. Gunakan hotkey A untuk mengaktifkan fungsi Select All atau Select Nothing, jadi untuk memastikan bahwa hanya bola saja yang dipilih, tekan tombol A beberapa kali hingga terlihat tidak ada yang dipilih, selanjutnya klik kanan pada bola tersebut untuk memilih bola saja.

 

 

 

 

 

Setelah bola tersebut dipilih, tekan hotkey Tab untuk mengubah mode ke Edit Mode.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tekan tombol Hotkey U untuk UV Calculation, Unwrap, lalu pilih Sphere from View. Pada layar sebelah kiri menunjukkan perhitungan Blender terhadap permukaan bola “unwrapped” pada sebuah bidang datar/permukaan 2Dimensi.

 

 

 

 

 

Sejauh ini, gambar pemukaan peta terlihat cukup baik, kecuali untuk daerah Greenland. Pastikan bola masih dipilih.

Selanjutnya, klik dan geser bola dengan menggunakan tombol tengah pada mouse untuk merotasi tampilan bola sampai terlihat Greenland. Maka akan terlihat masalah dimana ujung-ujung (edges) pada map terlihat saling tumpang tindih. Ini dikarenakan beberapa bagian dari peta dalam UV image editor tidak tertutupi oleh grid bola di UV/Image Editor window.

Untuk mengatasi hal ini, tekan hotkey A pada UV Image Editor window untuk tidak memilih semua simpul (verteks). Selanjutnya tekan hotkey B sekali untuk membuat sebuah Box-Select. Ketika menekan tombol B tersebut akan muncul pemberitahuan sebuah kursor “cross-hair”. Klik dan geser disekitar satu atau 2 kolom pertama dari verteks pada bagian kiri dari gambar peta untuk memilih seluruh kolom dari verteks. Dengan verteks yang dipilih tersebut, klik hotkey G untuk mengambil verteksnya. Setelah menekan tombol G tersebut, kita dapat menggeser bagian dari gambar tersebut ke bagian sampingnya. Tempatkan verteks tersebut didekat edge dari peta.

 

 

 

 

 

Ulangi proses pada bagian kanan dari gambar tersebut sampai kita mendapatkan gambar yang akurat dari Greenland. Kita mungkin melihat daerah Greenland tampak terlalu sempit. Ini dikarenakan kolom dari verteks yang dipilih melebar dari proporsi ke seluruh kolom. Kita dapat melakukan percobaan dengan memilih berbagai kolom simpul dan meregangkan atau memindahkannya sampai hasilnya terlihat bagus. Kita bisa memilih area yang lebih luas dan mengalihkan seluruh area sedikit ke kanan untuk mengimbanginya.

 

Changing the World’s Axis

 

 

 

 

 

 

Pada layar sebelah kanan, tekan hotkey Numpad 1 untuk mengubah tampilan menjadi Front View lalu pilih bolanya. Jika kita masih berada pada Object Mode, cukup Klik Kanan pada bolanya. Jangan menekan hotkey A pada object mode karena akan membuat objek menjadi tidak terseleksi. Tapi, jika kita berada pada Edit Mode, dengan bola yang sudah terseleksi (terpilih), kita dapat menekan hotkey A untuk menyeleksi semua bagian dari bola tersebut.

Dengan Bola yang telah terseleksi tersebut, tekan hotkey R (untuk rotasi). Kita dapat melihat garis titik-titik yang memanjang dari pusat rotasi bola. Pada bagian pojok bawah dari layar, kita dapat melihat sudut dari rotasinya selama kita memindahkan mouse untuk merotasikan bolanya. Ketikkan -23.5 untuk menempatkan bumi pada sumbu yang tepat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk merotasikan globe pada sumbu yang tepat:

Klik tombol Transform Manipulation dan pilih Local. Dapat kita lihat arah dari panah-panah koordinatnya berubah menjadi sumbu baru dari bola.

 

 

 

 

 

 

 

Pilih tombol Rotate manipulator mode (yg berwarna hijau. Ambil cincin Sumbu Z biru dengan mouse dan geser bolak-balik untuk memutar bumi pada sumbu itu tepat.

 

 

 

 

 

Perkecil ukuran tampilan layar dengan menggunakan Scroll down pada nouse sehingga kita dapat melihat bola, kamera serta lampu pencahayaannya.

Saat masih dalam View (Num pad 1), tekan hotkey Tab untuk kembali ke Object Mode dan pilih lampunya, (Klik kanan lampunya). Tekan hotkey G untuk mengambil lampu, dan pindahkan lampu tersebut sehingga sejajar horisontal dengan pusat bumi.

 

Merendering Gambar

Dengan bola yang sudah diseleksi, klik pada tombol Material, lalu pilih Add New. Ini akan menjadikan gambar peta sebagai tekstur yang baru. Kita juga bisa menggunakan hotkey F5 untuk dapat mengakses tombol Material.


 

 

 

 

 

Pilih tombol TexFace, ini akan menjadikan material pada UV Image window sebagai warna dari informasi tekstur untuk tampilan rendernya.

 

 

 

 

 

 

Tekan hotkey F12 untuk merender gambar. Kita telah mempunyai sebuah globe, tetapi garis longitudinalnya terlihat seperti labu (tidak halus). Kita bisa memperbaiki hal ini.

 

 

 

 

 

 

Tekan hotkey F9 atau klik tombol Editing untuk membawa kita menuju fitur-fitur Editing.

 

 

 

 

 

Klik tab Modifier lalu pilih Subsurf dari popup window.

 

 

 

 

 

 

 

 

Ubah Levels dan Render Levels menjadi 3, biarkan setingan lainnya secara default. Tekan F12 lagi untuk merender ulang.

Sekarang bisa kita lihat tampilan Globenya secara sempurna. Selamat mencoba! J

Sumber :

http://www.members.shaw.ca/mycoolschool2/ictm/blender/globe1.htm