Bagi sebagian orang, game bisa dikatakan sebagai kebutuhannya sehari-hari yang tidak bisa dilewatkan untuk dimainkan, baik itu dalam waktu senggang maupun pada saat-saat tertentu ketika orang tersebut merasa jenuh. Contohnya saja, ketika seseorang merasa lelah bekerja di kantor, untuk menghilangkan rasa lelahnya tersebut, sekaligus menghilangkan stress, biasanya dia akan memainkan sebuah game, baik itu game ringan maupun game-game berat, sesuai dengan keinginannya. Contoh lain, ketika sesorang merasa jenuh pada saat menunggu sesuatu, misalanya menunggu antrian, ataupun menunggu seseorang, dia bisa menunggu waktu sambil memainkan game baik itu di handphonenya, maupun di gadget lain seperti PSP.

Bermain game memang sangat seru, selain dapat dijadikan sebagai media lain dari hiburan, game juga bisa menghilangkan stress bagi seseorang yang benar benar menikmati permainan gamenya tersebut. Game juga dapat menghilangkan rasa kesepian seseorang, contohnya saja dengan bermain game-game online yang selain dapat bermain bersama-sama pemain lain secara virtual, tetapi juga dapat berkomunikasi satu sama lain dan dapat berkumpul dengan teman-temannya tanpa harus saling bertemu. Namun, tahukan anda, dibalik kesenangan yang didapat dari bermain game tersebut, terdapat juga dampak positif maupun dampak negatif dari game itu sendiri. Disini, saya akan menjelaskan sebagian kecil dari dampak positif serta dampak negatif, terutama yang terdapat dalam game yang saya bahas sebelumnya, yaitu game Devil May Cry 4.

Dampak Positif

Berikut ini beberapa dampak positif dari game Devil May Cry 4:

1.  Game ini dapat memberikan hiburan tersendiri seperti kita menonton sebuah film, karena dalam game ini selain pemain memainkan gamenya, pemain juga dapat mengetahui alur cerita serta dapat melihat scene-scene yang muncul yang merupakan rentetan cerita dalam game ini. Pemain juga akan dibuat penasaran ketika memainkan game ini, untuk dapat melihat scene selanjutnya dan mengetahui bagaimana jalan cerita selanjutnya dari game ini. Karena, dalam cerita game ini juga terdapat konflik-konflik tertentu antara karakter utama dengan karakter lainnya. Selain itu, terdapat juga unsur percintaan dan friendship dalam cerita game ini. Game ini juga memiliki grafik yang cukup bagus untuk game di masa sekarang ini, sehingga objek-objek maupun texturenya terlihat seperti nyata, memberikan kesan seperti kita sedang berada dalam game tersebut.

2.  Game ini dapat mengajarkan kita untuk tidak cepat putus asa terhadap masalah yang datang, dan selalu berusaha untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Selain itu, kita juga diajarkan untuk tidak cepat percaya pada sesuatu yang terjadi dalam lingkungan kita, kita harus berusaha untuk mencari kebenarannya. Dan terkadang, untuk mengetahui kebenaran tersebut harus dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah serta pengorbanan yang cukup besar, baik itu fisik maupun bathin. Namun, hasil yang didapatpun akan memuaskan, dan akan membuat semua perjuangan dan pengorbanan tersebut tidak sia-sia.

3.  Game ini dapat meluapkan amarah kita terhadap sesuatu yang membuat kita kesal ataupun marah, tanpa harus mencelakai seseorang maupun diri sendiri, karena dalam game ini kita bisa menghabisi semua lawan yang muncul dengan jumlah yang lumayan banyak untuk setiap monster-monster devil yang muncul tanpa ampun. Terlebih lagi ketika melawan setiap boss nya, karena tidak mudah untuk mengalahkannya, dan merupakan tantangan tersendiri, sehingga dibutuhkan strategi menyerang dan bertahan yang baik, serta pengetahuan combo attack untuk dapat melawan boss-boss tersebut. Amarah kitapun akan terluapkan dengan menghabisi semua lawan-lawan tersebut.😀

4.  Game ini dapat mengasah keterampilan kita dalam membuat serangan combo attack terhadap lawan, semakin bagus combo attack yang digunakan, maka akan semakin mudah pula untuk mengalahkan setiap lawan yang muncul. Terdapat beberapa kombinasi tombol untuk melakukan combo attack, sehingga akan mengasah kemampuan jari-jari kita dalam menekan setiap tombol untuk melakukan serangan, selain itu juga dapat mengasah sistem koordinasi antara kinerja otak dengan tangan. Selain itu, dalam game ini juga terdapat beberapa teka-teki yang harus dipecahkan untuk dapat melanjutkan perjalanan. Sehingga game ini dapat mengasah kemampuan berfikir otak kita, untuk menarik kesimpulan dan memecahkan masalah tersebut.

5.  Game ini juga dapat melatih kesabaran pemain dalam memainkan game. Dimana terdapat beberapa lawan yang memang sulit untuk dikalahkan, dan terdapat beberapa rintangan yang tentunya cukup sulit untuk dilewati, sehingga pemain terkadang akan mati ketika kalah dalam melawan musuh, ataupun akan kembali ke tempat sebelumnya ketika dia tidak berhasil melewati beberapa rintangan selama perjalanan. Sehingga dibutuhkan kesabaran untuk tetap memainkan game ini, dan menyelesaikannya.

6.  Dampak positif yang terakhir, tentunya dampak yang paling umum yaitu game ini dapat menghilangkan kejenuhan, kepenatan, serta menghilangkan stress setelah kita melakukan aktifitas seharian, baik itu belajar maupun bekerja. Karena game ini tidak hanya dimainkan dan digemari oleh kalangan anak kecil, tetapi juga oleh kalangan remaja, bahkan orang-orang dewasa sekalipun.

Selain semua dampak positif tersebut, terdapat juga beberapa dampak negatif yang tentu saja dapat merugikan kita. Dampak negatif ini biasanya berpengaruh dalam kesehatan dan kegiatan kita sehari-hari.

Dampak Negatif

1.  Dapat membuat kita lupa waktu, saking serunya bermain game, sehingga seharian bisa kita habiskan hanya untuk bermain game ini. Akibatnya, banyak pekerjaan-pekerjaan yang tertunda, seperti tugas kuliah, kerjaan ataupun pekerjaan-pekerjaan lainnya. Terutama bagi orang yang beragama islam, biasanya menjadi lupa menjalankan shalat, ataupun shalatnya menjadi terlambat.

2.  Dapat membuat kita mudah jatuh sakit, akibat telat makan, bahkan lupa makan. Hal ini disebabkan pemain terlalu asyik bermain game. Biasanya karena rasa penasarannya ketika bermain selalu kalah oleh lawannya, atau karena penasaran karena tidak sabar ingin mengetahui kelanjutan alur ceritanya.

3.  Bagi beberapa orang yang ‘kurang’ sabar, mungkin dengan memainkan game ini akan menimbulkan beberapa dampak yang cukup buruk, seperti kesal-kesal sendiri atau marah-marah sendiri ataupun melemparkan beberapa objek seperti stick controllernya untuk melampiaskan kekesalannya karena tidak bisa menyelesaikan game tersebut atau karena dia selalu mati ketika melawan beberapa lawan yang muncul. Akibatnya juga bisa terbawa kemana-mana, membuat dia menjadi cepat marah atau cepat kesal.

4.  Bermain game terlalu lama tentunya akan merusak kesehatan mata kita, selain itu juga dapat membuat kinerja hardware menjadi berkurang jika kita terlalu sering bermain bahkan terus-terusan menghidupkan komputer sampai berhari-hari. Lebih baik kita bermain secukupnya saja, atau kalaupun kita ingin terus bermain, berilah waktu jeda dalam beberapa jam tertentu untuk beristirahat ataupun keluar untuk menghirup udara segar, sehingga organ tubuh kita akan kembali rileks, barulah kita bisa meneruskan untuk bermain game lagi.

Mungkin hanya itu beberapa dampak positif maupun dampak negatif yang bisa kita dapatkan dan kita alami. Adapun untuk dampak negatif/buruknya, itu tergantung dari diri kita masing-masing, bagaimana kita bisa mengatur waktu jangan sampai kita lupa waktu dan mengontrol diri kita sendiri sehingga dampak-dampak buruk tersebut tidak akan terjadi pada diri kita.