Melanjutkan pembahasan sebelumnya tentang dibalik pembuatan game Devil May Cry 4, kali ini saya akan membahas bagian tim selanjutnya yaitu Artist dan Composer.

Artist

Artist adalah suatu tim dalam pembuatan game yang bertugas dalam membuat segala sesuatu yang berhubungan dengan art/seni dalam game. Artist dalam game ini dibagi lagi dalam beberapa kelompok, antara lain: Character Artwork, Motion Animation, Visual Effects, CG Animation, Animation Supervisor, Visual Effects Editor, Animators, Motion Capture dan Editors.

1.  Character Artwork

adalah tim yang bertugas untuk membuat model karakter dalam game yang merupakan nyawa dari sebuah game dan elemen yang sangat penting dalam sebuah game adventure. Pembuatan karakter ini dimulai dari pembuatan model 2 Dimensi, lalu kemudian dilanjutkan dengan model 3 Dimensinya. Seperti yang telah saya bahas pada postingan sebelumnya, bahwa dalam game Devil May Cry 4 ini terdapat beberapa karakter baik itu tokoh utama, maupun tokoh-tokoh lain seperti monster-monster dan karakter boss yang detailnya cukup tinggi. Hal ini tentu saja tidak dapat dibuat hanya oleh beberapa orang saja, tp dibutuhkan cukup banyak orang, supaya detail setiap karakter akan terlihat lebih bagus.

2.  Motion Animation

adalah tim yang bertugas untuk membuat karakter yang telah dibuat menjadi bisa bergerak sesuai dengan event-event tertentu. Pergerakan yang dilakukan meliputi detail-detail setiap bagian dari tubuh karakter tersebut seperti berjalan, berlari, melompat, menyerang menghindar, dll.

3.  Visual Effects

adalah tim yang bertugas untuk menambahkan effect-effect tertentu pada setiap action yang dilakukan oleh karakter. Efek-efek tersebut akan muncul sesuai dengan kejadian-kejadian tertentu, seperti pada saat karakter mengeluarkan skillnya, ataupun pada saat pertempuran sedang terjadi baik dikeluarkan oleh protagonis maupun oleh lawan-lawannya.

4.  CG Animation

adalah tim yang bertugas untuk membuat pergerakan setiap gambar yang merupakan scene dalam game ini. scene ini muncul setiap kali karakter akan berhadapan dengan musuh ataupun setelah menyelesaikan misi/mengalahkan musuhnya.

5.  Animation Supervisor

adalah tim yang bertugas untuk mengawasi para animator-animator dalam melakukan tugasnya membuat animasi dalam game.

6.  Visual Effects Editor

adalah tim yang bertugas untuk mengedit kembali hasil pekerjaan tim visual effects. Jika ada yang masih kurang, maka tim inilah yang akan menambahkan, dan jika ada kesalahan/error, maka tim inilah yang akan memperbaikinya.

7.  Animators

inilah tim yang berperan penting dalam artist, tanpa adanya animator, maka game tentunya tidak akan menarik dan sehebat itu. Para animator ini yang membuat setiap detail pergerakan objek maupun karakter dalam game.

8.  Motion Capture

adalah tim yang bertugas untuk menangkap setiap gerakan animasi untuk dijadikan sebagai gambar-gambar yang nantinya akan dimasukkan kedalam fitur galeri dalam menu.

9.  Editors

tim editor ini bertugas untuk memeriksa semua hasil pekerjaan dari tim, sebelum diserahkan kepada programmer untuk dapat dibuat programnya.

Composer

Seperti yang telah saya singgung pada postingan sebelumnya, composer merupakan si pembuat suara baik itu sound effect maupun background music. Dalam game ini terbagi menjadi beberapa tim, yaitu:  Sound Designers, Composers, dan Music Movie Sound Effect.

1.  Sound Designers

adalah tim yang bertugas untuk membuat desain suara apa saja yang akan dibuat dan akan dimasukkan kedalam game tersebut.

2.  Composers

inilah tim yang bertugas untuk membuat segala macam suara-suara yang ada dalam game, baik itu sound effect, musik, dll. Tim composer ini tentunya bukan orang sembarangan, dan harus mengerti soal musik, sehingga dia dapat menciptakan suara ataupun musik sesuai dengan tema game dan kejadian-kejadian tertentu di dalam game.Inilah yang membuat game terasa lebih hidup. Coba anda bayangkan jika sebuah game tidak ada suara, ataupun musik, kita pun akan merasa malas untuk memainkannya. Tapi jika soundnya bagus dan musiknya sesuai, maka kita akan merasa bersemangat juga untuk memainkan game tersebut, kita akan terbawa suasana seolah-olah kita masuk kedalam bagian game tersebut.

3.  Music Movie Sound Effect

adalah tim yang bertugas untuk membuat musik dan sound effect pada movie didalam game tersebut.

Sumber: Devil May Cry 4 Game Credits Video

http://en.wikipedia.org/wiki/Devil_May_Cry_4