Pada postingan sebelumnya, saya telah membahas tentang Art of Game dalam Game Devil May Cry 4, selain itu juga membahas tentang dampak positif dan dampak negatifnya. Kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana peran Programmer dan Designer dibalik kehebatan game Devil May Cry 4.

Untuk membuat game sederhana atau mini game mungkin masih bisa dikerjakan oleh 1 atau 2 orang saja. Tapi, untuk membuat game game besar dengan grafik yang tinggi dan gameplay yang sangat menarik akan dibutuhkan sebuah tim yang terdiri dari beberapa bagian-bagian tertentu, sesuai dengan kebutuhan game tersebut. Dari mulai tim programmer, designer, artist, maupun composer. Disini, saya akan membahas programmer dan designer terlebih dahulu.

Programmer

Programmer dalam pembuatan big game seperti Devil May Cry tidak hanya terdiri dari 1 atau 2 orang saja, karena di dalam programmer itu sendiri ada pembagian tim lagi, antara lain : Lead Programmers, Programmers, dan Sound Programmers. Lead Programmers merupakan pemimpin atau ketua dalam sebuah tim programmer yang bertanggungjawab dalam pembuatan program game tersebut. Lead programmer bertugas untuk mengatur timnya dalam pembuatan program seperti menginstruksikan apa saja yang harus dilakukan untuk pengkodingan game, menentukan target waktu/jadwal pembuatan program, serta memeriksa dan mengevaluasi hasil pekerjaan programmer lainnya, sehingga pembuatan game akan lebih terstruktur dan tertata dengan baik.

Selanjutnya, programmer adalah beberapa orang yang melakukan pengkodingan/pembuatan code program. Setelah mereka mendapatkan gambaran bentuk dan design game dari tim designer dan mendapatkan instruksi dari lead programmer, tim programmer ini akan menuangkan semua ide-ide tersebut kedalam sebuah program untuk membuat suatu gameplay dalam game tersebut. Gameplay ini yang nantinya akan sangat menentukan apakah game tersebut bagus atau tidak. Tapi, gameplay ini juga tergantung dari bagaimana tim designer merancang design yang bagus sehingga game tersebut akan menjadi sangat menarik untuk dimainkan. Tugas programmer tergolong tugas yang sangat berat dan butuh ketelitian yang tinggi. Karena, dalam pembuatan sebuah program, pasti akan ada error/kesalahan yang harus diperbaiki sebelum game tersebut dikeluarkan/dirilis.

Bagian tim dari programmer selanjutnya adalah sound programmers. Sound programmer ini bertugas untuk menuangkan suara-suara effect (sound effects), suara latar (sound background), suara karakter (sound characters) kedalam sebuah kode sehingga dapat dibaca oleh program. Suara-suara tersebut sebelumnya dibuat oleh tim composer yang akan saya bahas pada postingan selanjutnya. Suara-suara tersebut akan dikonversi oleh composer ke dalam format yang sesuai dengan program yang dibuat oleh programmer, sehingga dapat dibaca oleh program tersebut. Programmer kemudian akan melakukan pengkodingan untuk memasukkan suara-suara tersebut ke dalam sehingga suara-suara tersebut nantinya akan keluar sesuai dengan event-event tertentu. Dalam game Devil May Cry 4 ini, terdapat berbagai macam suara sangat bagus, seperti sound effect ketika karakter yang dimainkan mengeluarkan style-style tertentu, melakukan attack, diserang oleh musuh, suara musik ketika bertarung, dan suara karakter ketika berbicara. Semua suara ini tidak akan ada tanpa adanya tim composer yang membuat suara dan sound programmers yang mengolah suara tersebut ke dalam game.

Oh ya, ada satu tim lagi yang masih bagian dalam programmer game ini yaitu MT Framework Development Team. Tim ini bertugas untuk membuat game engine sehingga akan memudahkan programmer untuk membuat game dengan gameplay yang sama. Biasanya digunakan untuk membuat game seri selanjutnya. Seperti contohnya pada game devil may cry ini sekarang sudah sampai seri ke-4. Game engine ini dibuat pada saat game devil may cry seri ke-1, sehingga untuk membuat seri selanjutnya, tinggal mengupgrade game enginenya untuk menambahkan fitur-fitur baru.

Designer

Sama seperti programmer, tim designer dibagi lagi menjadi beberapa bagian, antara lain: Manual Design, Title Design, Scenario Design, Background Design, Character Design, dan Interface Design.

1.  Manual Design

adalah tim yang membuat gambaran umum tentang game ini secara manual, yaitu dengan menggunakan alat tulis dan kertas, atau yang biasa kita sebut sebagai sktesa tulis. Sketsa ini dibuat sebagai gambaran umum dalam membuat design-design lainnya sebelum dimuat dalam bentuk digital. Karena sehebat apapun seorang designer, tidak akan dengan mudah begitu saja langsung menuangkan ide designnya langsung kedalam bentuk digital/komputerisasi. Mungkin hanya ada beberapa designer saja yang memang bisa langsung menuangkan ide designnya langsung kedalam bentuk digital, tapi itu tentu saja dibutuhkan skill dan pengalaman yang tinggi ataupun memang karena bakat alami.

2.  Title Design

adalah tim yang bertugas untuk membuat judul game tersebut sebagus mungkin dan memiliki makna tertentu yang dapat menggambarkan secara umum tentang game itu sendiri. Title Design ini juga akan berpengaruh dalam penjualan game karena judul merupakan kesan pertama bagi para pembeli ketika melihat cover game tersebut.

3.  Scenario Design

adalah tim yang bertugas untuk membuat design skenario game. Karena game ini bertipe Adventure Game, maka peran scenario design akan sangat dibutuhkan untuk membuat gameplay yang bagus dan menarik.

4.  Background Design

adalah tim yang bertugas untuk membuat tampilan background dalam game. Dalam game ini terdapat berbagai macam tempat  ketika melakukan berbagai macam misi, baik indoor maupun outdoor. Design yang bagus tentunya akan membuat game menjadi lebih menarik untuk dimainkan.

5.  Character Design

adalah tim yang bertugas untuk membuat design karakter/tokoh dalam game. Design ini meliputi pakaian dan aksesoris lainnya seperti senjata-senjata yang digunakan. Adapun untuk pembuatan karakter itu sendiri akan dibahas nanti pada bagian artist.

6.  Interface Design

adalah tim yang bertugas untuk membuat Interface Design. Interface design ini berhubungan dengan tampilan menu-menu dalam game sebelum game tersebut dapat dimainkan. Disinilah tugas tim ini untuk membuat tampilan menu semenarik mungkin dan dilengkapi dengan fitur-fitur tertentu seperti gallery, dan fitur-fitur lainnya.

Sumber: Devil May Cry 4 Game Credits Video

http://en.wikipedia.org/wiki/Devil_May_Cry_4