Untuk dapat memakai OGRE, kita harus menggunakan sebuah IDE (Integrated Development Environment) tersendiri. Ini dikarenakan bahwa OGRE itu sendiri hanya bersifat sebuah engine yang terdiri dari berbagai macam pustaka (library) didalamnya. IDE yang dapat menggunakan OGRE hanya ada beberapa saja. IDE-IDE tersebut antara lain Microsoft Visual C++, Code::Blocks, dan Eclipse.

Hal-hal tersebut antara lain :

  1. OgreSDK.(utama)
  2. MSYS.
  3. MinGW.
  4. BlenderExporter. (opsional)

Ket: :
Aplikasi OgreSDK adalah game engine OGRE yang telah dipaketkan dan siap untuk diunduh. OgreSDK ini sendiri, terlepas dari versi release-nya, terbagi atas berbagai macam versi tergantung dari IDE yang dipakai. Jadi, untuk amannya, kita harus menyesuaikan OgreSDK tersebut dengan IDE yang akan kita pakai.

Aplikasi MinGW dan MSYS memampukan kita untuk memakai perintah-perintah UNIX pada Command Prompt Windows. Perintah seperti gcc dan rm dapat kita operasikan bila menggunakan kombinasi dari kedua aplikasi tersebut.

Aplikasi BlenderExporter memampukan kita untuk mengkonversi grafis 3D yang telah dibuat menggunakan aplikasi Blender (*.blend) ke format grafis 3D yang dapat dikenali OGRE (*.mesh).

Menginstall Ogre pada windows

1. Lakukan penginstalan Untuk masing-masing file tersebut

@ Pertama, menginstal MinGW Toolbox

1. Klik ganda pada file installer-nya, sehingga munculah jendela untuk memulai proses instalasi. Selanjutnya, klik tombol Next untuk melanjutkan ke langkah instalasi berikutnya.

2. Selanjutnya Klik tombol I Agree untuk melanjutkan, kemudian next.

3. Pada pemilihan direktori untuk instalasi aplikasi MinGW, biarkan saja default-nya yaitu c:\mingw. Klik tombol Next untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

4. Selanjutnya, kita akan dihadapkan pada jendela untuk menginstalasikan MinGW sekaligus memasang shortcut aplikasinya di Start Menu. Untuk lokasi shortcut-nya, biarkan default-nya saja, yaitu di MinGW C++ Toolbox. Klik tombol Install untuk segera menginstalasi MinGW ke dalam sistem. Kita dapat melihat progressbar-nya saat proses tersebut berlangsung.

5. Setelah proses instalasi selesai maka kita klik finish.

@ Kedua, menginstal MYSYS

1. Sama seperti saat kita menginstal MinGW kita klik setup MYSYS bedanya adalah saat memilih komponen MYSYS dimana kita disuruh memilih (dalam hal ini kita pilih arsitektur CPU x86 ke atas) kemudian klik next.

2. Kemudian hampir sama seperti kita menginstal program-program lain dimana kita dihadapkan untuk membuat shortcut dari aplikasi ini ke dalam start menu, klik next kemudian klik install dan kita akan langsung memulai proses penginstallan MYSYS.

3. Setelah aplikasi terinstal Setelah aplikasi tersebut telah terinstal di dalam sistem, maka selanjutnya akan dilakukan proses Post-Install lewat Command Prompt. Proses ini bertujuan untuk menormalisasikan hubungan antara MinGW dengan MYSYS agar kedua aplikasi dapat digunakan secara baik pada platform Windows. Ketik huruf y untuk melanjutkan ke proses selanjutnya. Lalu, ketikkan lagi huruf y bila ditanyakan apakah kita telah mempunyai MinGW yang telah terinstal di sistem. Terakhir, ketikkan alamat direktori dari aplikasi MinGW tersebut. Dalam hal ini, kita ketikkan c:/mingw. Tekan tombol Enter untuk melanjutkan.

4. Maka selanjutnya akan dilakukan proses pembuatan direktori /etc/fstab dengan mount binding untuk MinGW. Proses pembuatan tersebut dilakukan pada tahap Post-Install. Pada proses ini, dinormalisasikan environment dari MSYS kita. Bila telah selesai, tekan sembarang tombol pada keyboard untuk mengakhiri tahapan Post-Install dari MSYS tersebut.

5. Klik tombol Finish, untuk mengakhiri keseluruhan proses instalasi dari  MSYS tersebut. Sebelumnya, pastikan kita telah meng-uncheck pilihan untuk menampilkan jendela “Welcome to MSYS” dan “Readme”.

@ Ketiga, lakukan setting environment variable

Satu-satunya tujuan dari pengesetan Environment Variables untuk MinGW dan MSYS adalah agar kedua aplikasi tersebut dapat dipakai dari direktori mana saja dalam sistem.

1. Klik kanan My Computer lalu pilih Properties.

2. Pada jendela System Properties yang muncul, masuklah ke tab Advanced. Pada tab Advanced ini, klik tombol Environment Variables.

3. Pada jendela Environment Variables, pilihlah Path pada bagian System variables. Pada Path tersebut, tambahkan beberapa opsi agar MinGW dan MSYS dapat di-jalankan dari mana saja. Opsi-opsi tersebut antara lain adalah alamat dari direktori instalasi untuk masing-masing aplikasi MinGW dan MSYS. Untuk aplikasi MinGW, tambahkan alamat c:\mingw\bin. Sedangkan untuk aplikasi MSYS, tambahkanlah alamat c:\msys\1.0\bin ke dalam Path. Pastikan kita telah memberi tanda titik koma (;) di antara kedua opsi tersebut. Ini bertujuan untuk memisahkan antara opsi yang satu dengan opsi lainnya.

4. Klik tombol OK untuk mengaktifkan perubahan. Selanjutnya, tes-lah perintah yang biasa dipakai oleh MinGW dan MSYS dari Command Prompt. Untuk mengetes MinGW, ketiklah perintah gcc –v. Bila mendapati output … gcc version 3.4.5 (mingw special) maka setting Environment Variables untuk MinGW telah berhasil. Selanjutnya, untuk mengetes MSYS, ketiklah perintahrm –version. Bila mendapati output, rm (fileutils) 4.1 … maka setting Environment Variables untuk MSYS juga telah berhasil.

@ Keempat, menginstal OgreSDK

“ Caranya sama saat kita menginstal aplikasi-aplikasi sebelumnya tinggal klik next saja karna tidak ada settingan yang perlu diperhatikan”.

Kelima, mengekstrak sekaligus menjalankan paket eclipse

Menginstall Ogre pada linux

Disini, distro yang digunakan yaitu ubuntu. Untuk menginstall ogrenya, lakukan langkah-langkah berikut:

Download beberapa paket yg belum ada, seperti : OIS  dan Cg Tool kit . kemudian lanjutkan dengan :

  1. Instalasi OIS
    Install dulu dependency :
  • sudo apt-get install autoconf automake1.9 libtool libxaw6-dev build-essential
  • membutuhkan 63.3 MB
  • Kemudian mulai build
  • make clean # bersihkan folder objek hasil kompilasi sebelumnya
    ./bootstrap
    ./configure –disable-ogre # karena ogre yg akan memanggil ois
    make
    sudo make install
  1. Instalasi Cg Toolkiet
    extract Cg_toolkit, dan kopi ke /usr semuanya :
    cd Cg
    sudo cp usr/* /usr –R
  2. Instalasi Ogre
    Install dulu dependency :
    sudo apt-get install libzzip-dev libxxf86vm-dev \
    libxrandr-dev libxrandr-dev libfreeimage-dev \
    libcegui-mk2-dev libfreetype6-dev libdevil-dev \
    libgtk2.0-dev libcppunit-dev libglut3-dev

jalankan terlebih dahulu :
aclocal

Kemudian mulai build :
./bootstrap
./configure