Setelah sebelumnya saya membahas tentang Gameplay dan Story pada Game Devil  May Cry 4, kali ini saya akan membahas tentang salah satu karakter yang sangat melekat dengan Game tersebut, bahkan karakter ini muncul di semua seri Devil May Cry, termasuk seri terbarunya yaitu Devil may Cry 5, siapa lagi kalau buka Dante.

Dante merupakan protagonis pada seri Game Devil may Cry. Ciptaan Capcom sejak tahun 2001, dimulai dari seri pertamanya yaitu Devil may Cry 1 sampai saat ini seri kelimanya yaitu Devil May Cry 5.

Dante merupakan anak dari pasangan devil dan manusia (ayahnya devil dan ibunya manusia). Dia menyukai makanan pizza, dimana hal tersebut dapat terlihat pada setiap awal scenenya, dimana dante selalu sarapan dengan memakan pizza.

Dante muncul sebagai tokoh utama dalam Seri Devil May Cry 1, Devil may Cry 2, Devil may Cry 3, Devil may Cry 4 (sebagai partner Nero), dan terakhir Devil may Cry 5 (sebagai Dante pada saat masih remaja).

Konsepsi dan Rekreasi

Dante dibuat sebagai karakter utama dalam Devil  may Cry, sebuah game yang merupakan sekuel dari pembuat game Resident Evil Capcom. Pembuat serinya, Hideki Kamiya mengatakan bahwa karakter ini diambil dari karakter seri manga Cobra oleh Buichi Terasawa sebagai dasar untuk kepribadian Dante. Dimana Dante digambarkan sebagai tokoh yg stylish dengan sebuah jubah panjang untuk membuat karakternya terlihat pamer dan seseorang yang anti rokok sejak Kamiya melihat bahwa itu terlihat lebih keren. Dante menggunakan warna jubah merah dikarenakan di Jepang itu merupakan warna tradisional untuk seorang figur pahlawan.Selain itu, Dante digambarkan sebagai seseorang yang selalu membuat kekonyolan, dan suka bercanda, untuk membuat karakternya terasa familiar.

Karakteristik

Dante adalah seorang detektif bayaran yang mengkhususkan diri dalam kasus-kasus paranormal, dimana lebih memilih untuk membasmi devil-devil yang berkeliaran di kota. Dia memiliki tubuh yang atletis, berambut perak, mata tajam dan bercahaya seperti listrik, dan biasanya terlihat mengenakan jubah kulit berwarna merah/mantel parit. Senjata Dante biasanya terdiri dari senjata api dan senjata jarak dekat, termasuk Ebony dan Ivory, yang merupakan pistol kembar tanpa reload, serta berbagai pedang seperti Rebellion dan Force Edge. Selain itu, dia mempunyai tangan devil yang diciptakan oleh ayahnya. Ia memiliki kekuatan super dan supranatural, yang merupakan turunan dari ayahnya. Ini memberinya kemampuan untuk bertransformasi ke mode Devil Trigger, dimana dalam keadaan ini, Dante memiliki kekuatan super yang lebih besar, kecepatan yang tinggi dan kelincahan, indra tinggi, daya tahan besar, regenerasi kesehatan stabil, dan kemampuan lebih lanjut dengan dilengkapi senjata huru-haranya. Dia selalu yakin dalam menghadapi lawan-lawannya, dan dia selalu meledek karakter bos sebelum melawannya. Selain itu, dia selalu bersikap sangat santai dan sering acuh tak acuh dalam melawan musuh-musuhnya.

Dante adalah salah satu dari anak kembar Sparda, seorang ksatria iblis yang memihak kemanusiaan dan melakukan invasi dunia dengan devil 2.000 tahun yang lalu. Setelah kematian Sparda, Dante dan saudara kembarnya Vergil dibesarkan oleh ibunya yang seorang manusia bernama Eva. Ketika Dante dan Vergil masih anak-anak, mereka diserang oleh sekelompok devil, yang mengakibatkan kematian ibu mereka, Eva. Inilah yang menyebabkan Dante berkomitmen untuk berburu iblis dan mengejar orang-orang yang telah membunuh ibunya.