Beberapa bulan yang lalu, Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Sea Games tahun 2011, dimana kejuaraan Sea Games tersebut diadakan di beberapa provinsi di Indonesia, dan pembukaan maupun penutupan Sea Games tersebut diadakan dengan meriah di kota Palembang.  Keadaan ini tentu dapat menguntungkan bagi beberapa pihak yang dapat memanfaatkan event ini justru untuk peluang bisnis. Mengapa demikian?

Pada saat Sea Games berlangsung, terdapat beberapa cabang olahraga yang diperlombakan, dan tentu saja ini mengundang cukup banyak masyarakat di Indonesia untuk dapat menonton secara langsung untuk mendukung tuan rumah dalam perjuangannya meraih medali emas. Nah disinilah peluang bisnis itu muncul. Bagi para pengrajin souvenir, baik itu souvenir berupa mascot Sea Games yaitu berupa sepasang komodo yang menggunakan batik, kaos-kaos Sea Games, aksesoris Sea Games dan lain sebagainya dapat menjual hasil kerajinannya tersebut pada saat Sea Games berlangsung untuk mendapat perhatian dari para pengunjung Sea Games baik itu yang hanya untuk menonton maupun mendukung sehingga mau membeli. Euforia Sea Games ini tentu akan membuat para pengunjung Sea Games untuk mau membeli souvenir-souvenir tersebut baik untuk digunakan pada saat mendukung perlombaan Sea Games maupun untuk oleh-oleh saat mereka pulang ke rumahnya masing-masing sebagai tanda bahwa mereka telah ikut mendukung terselenggaranya Sea Games tersebut. Sehingga tidak jarang para penjual pun merasa diuntungkan karena barang-barang souvenir yang mereka jual laris manis dibeli oleh para pengunjung dan penonton Sea Games.

Peluang bisnis ini tidak berhenti disitu saja, beberapa cabang olahraga Sea Games yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia seperti Bulu Tangkis dan Sepak Bola yang pada saat itu berlangsung panjang karena Indonesia berhasil lolos sampai ke babak final membuat para pebisnis semakin gencar memanfaatkan situasi ini. Tidak hanya souvenir yang diperbanyak macamnya. Dari tiket masuk pun dapat mengasilkan banyak keuntungan karena semakin banyaknya para pendukung Sea Games yang ingin menonton secara langsung tim maupun atlet kebanggan mereka memperebutkan medali sampai babak akhir. Selain itu, para pembuat kembang api pun akan dibanjiri keuntungan karena akan banyak juga para pembeli untuk merayakan moment kemenangan terutama pada saat penutupan Sea Games yang dilaksanakan secara meriah di Palembang. Sea Games pun ditutup dengan kemenangan Indonesia sebagai peraih medali terbanyak pada Sea Games tahun 2011 tersebut. Congrats Indonesia!