Pada pertemuan ini, dijelaskan tentang cara membuat program sederhana menggunakan Strawberry Prolog. Program ini antara lain program untuk menginputkan nama, npm, kelas dan program untuk menghitung luas segitiga.
Untuk mulai melakukan penulisan program, diawali dengan sintaks ?- kemudian pada baris dibawahnya tuliskan kodingan untuk menginputkan Nama.
write(“Masukan Nama Anda :”),read(Nama),
write(Nama),nl,nl,

Perintah write digunakan untuk dapat menampilkan “Masukan Nama Anda:” yang  kemudian  di input oleh perintah “read” dan disimpan dalam variabel Nama. Sehingga setelah di tampilkan “Masukan Nama Anda” user dapat menginput data Namanya yang kemudian data yang telah diinput ini akan ditampilkan kembali oleh perintah “write(Nama),nl,nl,”. Statement diakhiri dengan perintah “nl” yang berfungsi untuk memberikan new line atau garis baru.

write(“Masukan NPM Anda :”),read(NPM),
write(NPM),nl,nl,

Perintah write digunakan untuk dapat menampilkan “”Masukan NPM Anda :” yang  kemudian  di input oleh perintah “read” dan disimpan dalam variabel NPM. Sehingga setelah di tampilkan “”Masukan NPM Anda” user dapat menginput data NPMnya yang kemudian data yang telah diinput ini akan ditampilkan kembali oleh perintah “write(NPM),nl,nl,”. Statement diakhiri dengan perintah “nl” yang berfungsi untuk memberikan new line atau garis baru.

write(“Masukan Kelas Anda :”),read(Kelas),
write(Kelas),nl,nl,

Mendeklarasikan kita akan menampilkan “Masukan Kelas Anda:” oleh perintah “write(“Masukan Kelas Anda :”),read(Kelas),”yang  kemudian  di input oleh perintah “read”. Jadi setelah nanti di tampilkan “Masukan Kelas Anda” lalu  kita akan menginput data yang kemudian data yang telah kita input ini akan kembali di tampilkan oleh perintah “write(Kelas),nl,nl,”. Pada akhir ada perintah “nl” yang mendeklarasikan new line atau garis baru.

Selanjutnya, kita akan membuat program untuk menghitung luas segitiga. Untuk membuat programnya, masukkan statement-statement berikut:

write(“Menghitung Luas Segitiga!!”),nl,
write(“Masukkan Alas : “), read(A),
write(A),nl,

Pada baris diatas merupakan statement untuk menghitung luas segitiga. Dimulai dari perintah “write(“Menghitung Luas Segitiga!!”),nl,” untuk dapat menampilkan tulisan “Menghitung Luas Segitiga” kemudian diakhiri dengan perintah nl untuk memberikan garis baru. Setelah itu dimasukkan perintah “write(“Masukkan Alas : “), read(A),” untuk dapat menginputkan alas dari segitiga yang nantinya kita gunakan untuk melakukan perhitungan luas segitiga, dimana harus menggunakan alas sebagai salah satu elemen penghitungnya. Nilai dari Alas yang diinputkan ini kemudian akan di input oleh perintah read. Dan “read(A)” digunakan untuk menyimpan nilai hasil inputan dari Alas ke dalam variabel A, sedangkan Write(A) digunakan untuk menampilkan kembali data nilai Alas yang telah diinputkan pada variabel A.

write(“Masukkan Tinggi : “), read(T),
write(T),nl,

Dimasukkan perintah “write(“Masukkan Tinggi : “), read(T),” untuk dapat menginputkan tinggi dari segitiga yang nantinya kita gunakan untuk melakukan perhitungan luas segitiga, dimana tinggi ini akan dikalikan dengan alas yang telah diinputkan sebelumnya, lalu dikalikan setengah untuk mendapatkan hasil dari luas segitiga yang diinginkan. Nilai dari Tinggi yang diinputkan ini kemudian akan di input oleh perintah read. Dan “read(T)” digunakan untuk menyimpan nilai hasil inputan dari Tinggi ke dalam variabel T, sedangkan Write(T) digunakan untuk menampilkan kembali data nilai Tinggi yang telah diinputkan pada variabel T.

LUAS is 1/2*A*T,
write(“Luas Segitiga = “),
write(LUAS),nl.

Selanjutnya, kita mulai statement untuk penghitungan segitiga, yaitu dengan mendeklarasikan variabel LUAS dimana nilai LUAS adalah ½ dikalikan dengan nilai Alas dikalikan dengan nilai Luas dari segitiga. Kemudian ditambahkan statement “write(“Luas Segitiga = “),” untuk dapat menampilkan “Luas Segitiga =” untuk menampilkan hasil perhitungan luas segitiga dengqan memanggil variabel LUAS yang sudah berisi nilai luas segitiga. Pemanggilan variabel LUAS ini dilakukan dengan perintah “write(LUAS),nl.” Sehingga di outputnya bisa terlihat hasil dari perhitungan luas segitiga tersebut.

OUTPUT PROGRAM :